PERSPEKTIF SISWA DARI PENERAPAN MEDIA E-LEARNING TERHADAP MATA PELAJARAN KIMIA
Keywords:
Persepsi Siswa, E-Learning, Mata Pelajaran KimiaAbstract
Penyebab pandemi Covid-19 menimbulkan pembatasan social antara guru, siswa maupun semua masyarakat. Hal tersebut berdampak pada pendidikan yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh atau pembelajaran online. Media pembelajaran menjadi hal yang penting dalam membantu terlaksananya pembelajaran seperti e-learning. Media e-learning merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan pada masa pandemi covid-19. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk menjelaskan persepsi siswa terhadap penggunaan media e-learning pada mata pelajaran kimia di MA Patra Mandiri Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Dengan 30 butir pernyataan sehingga terdapat 120 responden siswa kelas X dan XI MIA di MA Patra Mandiri Palembang. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner atau angket. Berdasarkan analisis data maka didapatkan hasil penelitian bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan media e-learning pada mata pelajaran kimia pada aspek internal yang menyatakan baik (71.74%), pada aspek eksternal menyatakan cukup baik (65.73%), pada aspek pengetahuan menyatakan baik (72.59%) dan pada aspek manfaat menyatakan cukup baik (65.26%). Berdasarkan data tersebut menyatakan pembelajaran daring pada mata pelajaran kimia menggunakan media e-learning cukup baik (68.83%) bagi siswa. Namun sisi lain, dalam penerapan pembelajaran daring menggunakan e-learning siswa membutuhkan biaya lebih untuk membeli kuota internet dan juga membuat siswa kurang memahami materi pembelajaran, karena cara mengajar guru tidak seefektif disekolah yang secara langsung menjelaskan materi sehingga siswa memahami materi tersebut.
Downloads
References
Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. Jawa Tengah: CV Pena Perada.
Batubara, H. H. (2018). Pembelajaran Berbasis Web Dengan Moodle Versi 3.4. Yogyakarta: Deepublish.
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar Teori Dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia.
Fathoni, M. L. (2016). Studi Deskriptif Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Serta Penggunaan Metode Behavioral Event Interview Dalam Mrekrut Karyawan Baru. Journal Of Management , 4-6.
Hidayat, A., & Sadewa, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Eviews Terhadap Sikap Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1).
Irawati, R., & Santaria, R. (2020). Persepsi Siswa SMAN 1 Palopo Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Kimia. Studi Guru dan Pembelajaran. 3(2), 264–270. Jurnal Dapat diakses pada web berikut: (https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.286).
Maskar, S., & Wulantina, E. (2019). Persepsi Peserta Didik Terhadap Metode Blended Learning Dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika, 1(2).
Moleong, L.J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mudjiono, D. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Nugroho, S. (2015). Profesionalisme Guru SD Negeri Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang Suatu Tinjauan Aspek Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru. Jurnal Varidika, 24(2), 135–146. Dapat diakses pada web berikut: (https://doi.org/10.23917/varidika.v24i2.710).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Walgito, B. (2002). Pengantar Psikologi Umum. In In Yogyakarta: Andi Offset.
Wardani, Kristi; Ayu Rahayu; Akbar Al Masjid. (2018). Persepsi Mahasiswa Pgsd Terhadap Bahan Ajar Elearning Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal LP3M - Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Vol.4, No.1.
Yaumi, M. (2011). Integrasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 14(1), 88–102. (https://doi.org/10.24252/lp.2011v14n1a6).
Yuniarti, Ratna; Widya Hartati. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Penerapan E-Learning Pada Masa Darurat Covid-19. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Volume 6, No. 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.