KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE

Authors

  • Ira Okta Lestari UIN Raden Fatah Palembang
  • Suci Lola Mutiana UIN Raden Fatah Palembang

Keywords:

Kepercayaan diri, Kemampuan komunikasi ilmiah, Laju reaksi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi ilmiah siswa yang dinilai dari kepercayaan diri ( Self confidence ) pada materi laju reaksi di SMA Yayasan IBA Palembang. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan penelitian survey. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPA I SMA Yayasan IBA Palembang yang berjumlah 20 siswa terdiri dari 13 orang perempuan dan 7 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil angket kepercayaan diri, diperoleh data 12 siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri tinggi dan 8 siswa memiliki tingkat kepercayaan diri rendah. Sebagai tambahannya selain pemberian angket, siswa juga diberikan tes kemampuan komunikasi Ilmiah. Dari hasil analisis data yang dijabarkan dan pembahasan, umumnya bisa disimpulkan bahwa siswa dengan self confidence tinggi bisa memenuhi seluruh indikator kemampuan komunikasi ilmiah, namun siswa dengan tingkat self confidence rendah belum dapat memenuhi semua indikator dari kemampuan komunikasi ilmiah.. Selain itu, mata pelajaran dengan tingkat kepercayaan diri yang tinggi dapat memenuhi semua indikator keterampilan berkomunikasi baik secara tertulis maupun lisan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriawan, muhamad dkk, 2012. Pengaruh pendekatan SAVI bervisi SETS pada pencapaian kompetensi terkait reaksi Redoks. Unnes Science Education Journal, 1(2)

Dharmayanti, P. A. (2013). Teknik Role Playing dalam keterampilan komunikasi interpersonal siswa Smk. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3), 256-265.

Kristianawati, E. (2014). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Kepercayaan diri dengan penyesuaian Sosial. 3(03), 247-252).

Laksono, P. J., & Fatimatuzzahra, F. (2022). Active, Creative, Effective and Fun Learning with Character in 21st Century Skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3667-3678.

Noviyana, I. N, dkk. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari self confidence. Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Pratiwi, R. Y. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN ARIAS. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 183-199.

Purba. 2004. Kimia untuk SMA Kelas X. Jakartan : Erlangga.

Puspasari, I., Anjani, F., & Kadek, I. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri Dalam Komunikasi Pada Metode Pembelajaran Problem Based Learning Mahasiswa Kedoketeran Universitas Tadulako. Jurnal Kesehatan Tadulako, 5(1), 39-44.

Rizqi, A. A, Suyitno, H, & sudarmin. 2016. Analysis Of Mathematical Communication Abilitu Viewed from Students Confidence through Blended Learning. Internasional Conference on Mathematical, science, and Education 2016.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan (Jenis, Metode dan prosedur). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sidik anwar, Ramlah & Utami, M. R. 2017. Hubungan Antara Self Confidence dengan kemampuan komunikasi Matematis siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA).

Subekti, F. E. & Kusuma, A. B. 2016. Deskripsi kemampuan Komunikasi matematis Ditinjau dari rasa percaya diri Mahasiswa. Jurnal Euclid Vol.3 No.1

Sugiyono. 2015. Metode penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Ubaedy, AN. 2007. Berpikir Positif : Agar Anda Tetap Pede Mengahadapi Hidup. Jakarta: Bee Media Indonesia

Utomo, D., & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan Keterampilan komunikasi Interpersonal Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X Sman 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 55-59.

Downloads

Published

2022-08-13

How to Cite

Lestari, I. O., & Mutiana, S. L. (2022). KEMAMPUAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 128–133. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/62