UJI PRAKTIKALITAS MODUL KIMIA BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI INTERAKSI ANTAR MOLEKUL DI UPT SMAN 25 BANYUASIN
Keywords:
Praktikalitas, creative probem solving, interaksi antar molekulAbstract
Praktikalitas pada penelitian pengembangan adalah hal sangat penting untuk mengetahui sejauh mana produk dapat termanfaatkan dengan baik berdasarkan respon dari guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian yaitu penelitian kuantitatif survei. Instrumen penelitian digunakan angket uji praktikalitas guru dan siswa. Sasaran penelitian ini terdiri dari 1 orang guru bidang studi kimia, uji coba skala kecil ada 8 orang siswa, dan uji coba skala menengah ada 34 orang siswa di UPT SMAN 25 Banyuasin. Data dianalisis dari angket praktikalitas atau angket respon dihitung dan diberikan interval presentase skor. Hasil penelitian mengenai respon dari guru dan siswa terhadap praktikalitas modul kimia creative probem solving pada materi interaksi antar molekul menunjukkan hasil yang “sangat praktis”. Hasil uji praktikalitas oleh guru diperoleh jumlah skor sebesar 58 dan presentase skor sebesar 82,8%. Hasil uji praktikalitas siswa dengan uji coba skala kecil jumlah skor sebesar 64 dan presentase skor sebesar 85%. Hasil uji praktikalitas siswa dengan uji coba skala menengah diperoleh jumlah rata-rata skor sebesar 60 dan presentase skor sebesar 85,7%. Berdasarkan analisis data bahwa modul kimia modul kimia creative probem solving pada materi interaksi antar molekul dengan kategori “sangat praktis” dapat membuat siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran
Downloads
References
Akdon, Riduwan. (2007). Rumusan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Fernanda, H. (2019). Kefektifan Model Learning Cycle 7E Pada Materi Interaksi Antar Molekul Di Man Aceh Barat. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Banda Aceh: Skripsi.
Gusta, R.Z. (2022). The Practicality of Electronic Physics Module Based on Scientific Approach on Fluid Materials. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 7(2), 178-191.
Hamidah, W., Alfiyandri, Maielfi, D., & Widya. (2021). Creative Problem Solving-Based Electronic Module Integrated With 21st Century Skills. Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education, 4(3), 334-342.
Ikhwan, K., Zaturrahmi, Yusmanila, & Widya. (2022). Praktikalitas E-Module Berbasis Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Materi Fluida Dinamis Terintegrasi Keterampilan Abad 21. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4). 5700-5707.
Irfadila, S. M. (2020). Praktikalitas Bahan Ajar Berbasis Peta Konsep Pada Mata Kuliah Teori Pembelajaran Bahasa Dan IBM Mahasiswa Program Studi PBSI FKIP UMSB. Inovasi Pendidikan , 76-83.
Jailani, Sugiman, Retnawati, H., Bukhori, Apino, E., Djidu, H., Et Al. (2017). Desain Pembelajaran Matematika Untuk Melatih Higher Order Thinking Skills. Yogyakarta : UNY PRESS.
Jayanti, E. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Poe (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 1-11.
Karyanti, Fatchurahman, & Syarif, T. F. (2019). Teknik Creative. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Laksono, J. P. (2018). Pengembangan Dan Penggunaan Instrumen Two-Tier Multiple Choice Pada Materi Termokimia Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 80-92.
Latifah, Y. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Creative Problem Solving (Cps) Pada Materi Momentum Impuls Dan Getaran Harmonis Kelas X Sma/Ma. Institut Agama Islam Negeri Batu sangkar: Skripsi.
Mahsup, Sirajuddin, Pramita, D., & Rahmatin, N. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruangdengan Metode Creative Problem Solving (Cps) Pada Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika (Jtam), 3(1), 27-33.
Musawwa, M. M., Febriana, W. B., & Arlianty, N. W. (2018). Analysis Of Understanding Of First-Year Chemistry Education Students On Intermolecular Forces (Imfs) Topic. International Journal Of Chemistry Education Research, 2(2), 71-15.
Nurfebriani, W. (2013). Konstribusi Buku Ajar Interaksi Antar Molekul Menggunakan Konteks Printer Inkjet Untuk Mencapai Literasi Sains Siswa SMA. Universitas Pendidikan Indonesia: Skripsi.
Nurhamdiah, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2020). Praktikalitas Bahan Ajar Matematika Terintegrasi Nilai Islam Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Pengembangan Karakter Peserta Didik . Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 193-201.
Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Prayitno, A. B., Masyuri, M., & Swestyani, S. (2017). Pengembangan Modul IPA Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Untuk MeningkatkKemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pembelajaran Biologi, 6(2), 36-41.
Soeprodjo, & Nursiami, S. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Flash Interaktif Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 9(1), 1440-1449.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Aflabeta.
Yanto, P. T. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75-82.
Yerimadesi, Bayharti, Handayani, F., & Legi, W. F. (2016). Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Kelas XI SMA/MA. Journal Of Sainstek, 8(1), 85-97.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.