PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBANTUAN PHET SIMULATIONS PADA MATERI ASAM BASA
Keywords:
Asam Basa, LKPD, PhET SimulationsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbantuan PhET Simulations pada materi asam basa yang valid dan mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reseach and Development) dengan prosedur pengembangan menggunakan model ADDIE yaitu analyz, design, deveelopment an evaluations. Namun pada penelitian ini hanya dilakukan dengan 3 tahap saja. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, lembar validasi ahli dan lembar angket peserta didik. Penelitian ini melibatkan 3 validator ahli yaitu validasi ahli media, validasi ahli materi, dan validasi ahli bahasa. Subjek penelitian menggunakan uji skala one to one terdiri dari 3 orang peserta didik dan uji skala small group terdiri dari 12 peserta didik. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa LKPD yang dikembangkan valid, dilihat dari hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 88,4% dikategorikan sangat valid, hasil validasi ahli media diperoleh persentase 92,7% dikategorikan sangat valid, hasil validasi ahli bahasa diperoleh persentase 86,1% dikategorikan sangat valid. Hasil respon siswa menunjukkan respon baik terhadap peserta didik dilihat dari uji skala satu-satu diperoleh persentase 90,5% dikategorikan sangat baik dan uji skala kecil diperoleh persentase 91,2% dikategorikan sangat baik
Downloads
References
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. RinekaCipta.
Arikunto, S. (2013). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.
Auliyani, P., Ramli, & Kamus, Z. (2018). Penerapan Lks Berbantuan Virtual Laboratory Dalam Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Pencapaian Kompetensi Siswa. Pillar of Physics Education, 11(1), 65–72.
Fauziyah, N. I., & Sucahyo, I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Radiasi Benda Hitam dengan Berbantuan PhET simulations. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 384– 388. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.384-388
Fitriani, G. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Virtual Lab Chemistry Pada Materi Titrasi Asam Basa Di SMA Negeri 3 Meulaboh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Ismaun. (2019). Pengaruh Media PhET Simulations Terhadap Pemahaman Konsep Model Molekul Siswa SMA Negeri 1 Mawasangka. Al-Ta’dib, 12(1), 99–115.
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. In Nizmania Learning Center.
Oktaria, W., & Yerimadesi. (2019). Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XI IPA SMA.1(2), 155–163.
Saptorini, Widodo, & Susatyo. (2014). Green Chemistry Dalam Desain Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Karakter Di Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Demak. Rekayasa, 12(1), 57–69.
Sari, E., Syamsurizal, & Asrial. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v5i2.3388
Slameto. (2009). Media Dan Sumber Belajar. Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Sinar Baru.
Surbakti, E., Hardianto, & Nurrahmawati. (2016). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Siswa Kelas VII SMP Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Matematika. Universitas Pasir Pangaraian, 1–8.Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Remaja Rosdakarya.
Susriani, E. (2016). Upaya Peningkatan Higher ORDER Thinking Skill Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata
Pembelajaran Kimia Kelas XI.MIA.3 Di SMA 2 Kerinci Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020. 1(2), 1–23.
Umbaryati. (2018). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1)
ismail sholeh, moh, & Testiana, G. (2017). HUBUNGAN KUALITAS KEGIATAN ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP LAJU REAKSI PADA PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1), 1-11. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v1i1.1585
Sholeh, M. I., & Olensia, Y. (2022). Strategi dan Implementasi Penyusunan Soal HOTS Kimia Berbasis Lesson Study. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1), 38-48. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v6i1.12169
Sholeh, M. (2018). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KIMIA DASAR TERINTEGRASI SOCIO-SCIENTIFIC ISSUE (SSI) DAN KEISLAMAN. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 37-57. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v2i2.2669
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.