EDUKASI ZAT ADITIF MAKANAN MELALUI PENDEKATAN KIMIA SAINS BERBASIS PEMAHAMAN AL-QUR’AN PADA ANAK-ANAK DESA PEMATANG PALAS

Authors

  • Isandri UIN Raden Fatah Palembang

Keywords:

edukasi, zat aditif, pemahaman Al-Qur’an

Abstract

Program pengabdian masyarakat dalam bentuk pendidikan ini atas dasar kerjasama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang dengan Desa pematang palas, Kecamatan banyuasin1, Kabupaten banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan untuk memberikan pengajaran terkait edukasi zat aditif melalui pendekatan kimia sains pada anak-anak desa pematang palas. Proses edukasi ini dilakukan karena dilihat dari kondisi umum desa pematang palas, sehingga keadaan ekonomi tergolong rendah yang menunjang banyaknya anak- anak yang mengkonsumsi makanan instan yang kadar zat aditifnya cukup tinggi, sehingga tujuan edukasi ini adalah mengintegrasikan pemahaman Al-Qur’an agar anak-anak di Desa pematang palas mengetahui pembelajaran kimia makanan dan bahaya zat aditif sejak dini. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ceramah dan tanya jawab dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kimia sains berbasis pemahaman Al-Qur’an. Hasil dari edukasi ini menunjukkan pendekatan pembelajaran kimia sains dapat meningkatkan pemahaman anak bahwa sains dan Al- Qur’an tidak dapat dipisahkan dan anak-anak mengetahui ciri sosis atau makanan lain yang mengandung boraks yang dimana akan menimbulkan perut kembung dan gangguan pencernaan. Di dalam Al-Quran banyak ayat-ayat yang menjelaskan zat kimia yang terdapat dalam makanan. Al-Quran menganjurkan seluruh manusia untuk mengkonsumsi makanan yang halal dan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Isandri. (2022). EDUKASI ZAT ADITIF MAKANAN MELALUI PENDEKATAN KIMIA SAINS BERBASIS PEMAHAMAN AL-QUR’AN PADA ANAK-ANAK DESA PEMATANG PALAS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 246–251. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/76