ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI KESETIMBANGAN KIMIA
Keywords:
Analisis, kesetimbangan kimia, Kesulitan belajar siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan letak kesulitan belajar siswa dalam memahami materi kesetimbangan kimia kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 5 Palembang. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes yang terdiri atas 20 soal pilihan ganda dengan alasan terbuka. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 1 dan guru kimia kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan letak kesulitan belajar siswa dalam memahami materi kesetimbangan kimia yaitu (1) Kesulitan belajar siswa pada konsep kesetimbangan dinamis, yaitu kesulitan memaknai kata setimbang dan kesulitan memahami perbedaan antara reaksi kesetimbangan homogen dan kesetimbangan heterogen; Kesulitan pada konsep faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran kesetimbangan, yaitu kesulitan memahami pengaruh penambahan atau pengurangan pereaksi, tidak bisa menghubungkan antara jumlah mol dengan perubahan tekanan, serta menganggap bahwa katalis dapat mengubah konsentrasi produk dan menggeser kesetimbangan; (3) Kesulitan menjelaskan pengertian tetapan kesetimbangan (Kc/Kp), tidak bisa menuliskan persamaan tetapan kesetimbangan pada reaksi kesetimbangan heterogen, kesulitan menentukan harga tetapan Kc dan Kp, kesulitan dalam menentukan salah satu tetapan Kc/Kp dari hubungan keduanya, kesulitan memahami derajat disosiasi; (4) Kesulitan belajar siswa dalam memahami kesetimbangan kimia dalam industri; (5) Pemahaman konsep pendukung yang masih kurang tentang persamaan reaksi kimia, pengaruh penambahan katalis pada pergeseran kesetimbangan, konsep mol, dan perhitungan
Downloads
References
Adawiyah, R., Masriani, M., & Putra, R. (2017). Deskripsi Kesalahan Konsep Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Di Sman 1 Teluk Keramat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(10), 214887.
Chang, R. (2005). Kimia Dasar Edisi Ketiga konsep-konsep Inti Jilid 2 (L. Simarmata (ed.); Ketiga). Erlangga.
Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern : Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran (J. Sentanu (ed.)). Garudhawacha.
Indriani, A., Suryadharma, I. B., & Yahmin , Y. (2017). Identifikasi Kesulitan Peserta Didik Dalam Memahami Kesetimbangan Kimia. J-PEK (Jurnal Pembelajaran Kimia), 2(1), 9–13.
J. Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (I. Taufik (ed.); Revsi). PT Remaja Rosdakarya.
Marsita, R. A., Priatmoko, S., & Kusuma, E. (2010). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Sma Dalam Memahami Materi Larutan Penyangga Dengan Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Jurnal
Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 512–520.
Monita, A. F., & Suharto, B. (2017). Identifikasi dan Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument Pada Konsep Kesetimbangan Kimia. Quantum, 7(1), 27–38.
NLI, S., IW, M., & IK, S. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Pada Materi Larutan Penyangga Di Sma Negeri 2 Banjar. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(2), 75.
Rachmawati, D. O. (2010). Penerapan model self-directed learning untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 177–184.
Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di Sman X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.