ANALISIS KEMAMPUAN MULTIPEL REPRESENTASI KIMIA SISWA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG

Authors

  • Radesi Sauli Nurjanah UIN Raden Fatah Palembang
  • Yuniar UIN Raden Fatah Palembang
  • Ravensky Yurianty Pratiwi UIN Raden Fatah Palembang

Keywords:

Asam Basa, Kimia, Kemampuan Multipel Representasi

Abstract

: Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru yang belum sepenuhnya menggunakan tiga level representasi pada saat pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan multiple representasi siswa dan untuk mengetahui berapa besar persentase kemampuan multiple representasi siswa pada level makroskopik, submikroskopik, dan simbolik pada materi asam basa. Multiple representasi merupakan bentuk representasi yang memadukan antara teks, gambar nyata, atau grafik. Multipel representasi merupakan teknik yang bertujuan untuk menggambarkan konsep pada tiga level representasi yaitu level mikroskopik, level submikroskopik, dan level simbolik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI Ipa 2 di SMA Muhammadiyah 2 Palembang yang berjumlah 20 siswa dengan menggunakan tes essay yang berjumlah 8 soal yang mengacu pada tiga level multiple representasi. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis kemampuan multiple representasi kimia siswa kelas XI pada materi asam basa di SMA Muhammadiyah 2 palembang menunjukkan bahwa kemampuan multiple representasi siswa dalam memahami materi asam basa di SMA Muhammadiyah 2 Palembang dapat dikategorikan baik, karena sebagian indikator kemampuan multiple representasi yang sudah terpenuhi. Pada hasil perhitungan didapatkan bahwa kemampuan multiple representasi siswa pada level makroskopik dalam kategori “baik” dengan perolehan persentase sebesar 75%, pada level submikroskopik dalam kategori “cukup” dengan perolehan persentase sebesar 50%, dan pada level simbolik dalam kategori “baik” dengan perolehan persentase sebesar 65%. Pencapaian terendah terdapat pada kemampuan representasi pada level submikroskopik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansah. (2016). Identifikasi Konsep Alternatif Pada Guru Kimia : Sebuah Kajian Literatur. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 49–54.

Andi Mappiare AT, Dasar-dasar Metodologi Riset Kualitatif Untuk Ilmu Sosial dan Profesi, (Malang: Jenggala Pustaka Utama, 2009), hal. 80

Chang, R. 2010. Chemistry (Tenth edition).New York: McGraw-Hill

Chang, Raymond. (2003). General Chemistry: The Essential Concepts, Third Edition, Boston : Mc Graw Hill.

Dina Karina, Inelda Yulita, & Eka Putra Ramdhani. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Kimia (ULTAKIM) Berbasis Kemaritiman pada Materi Hakikat Ilmu Kimia. Jurnal Zarah, 7(1), 13–16. https://doi.org/10.31629/zarah.v7i1.1286

Herawati, R. F., Mulyani, S., & Redjeki, T. (2013). Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Siswa Sma Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 38–43.

Indra Sakti. (2011). KORELASI PENGETAHUAN ALAT PRAKTIKUM FISIKA DENGAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA DI SMA NEGERI q KOTA BENGKULU. Jurnal Exacta, 9(1), 67–76.

Indrayani, P. (2013). Analisis Pemahaman Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik Titrasi Asam-Basa Siswa Kelas XI IPA SMA serta Upaya Perbaikannya dengan Pendekatan Mikroskopik. Jurnal Pendidikan Sains, 1(2), 109–120.

Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yahama Di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 5.

Miftah, M. (2018). Model Dan Format Analisis Kebutuhan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknodik, 095–106. https://doi.org/10.32550/teknodik.v13i1.443

Mujakir, Pemanfaatan Bahan Ajar Berdasarkan Multi Level Representasi Untuk Melatih Kemampuan Siswa Menyelesaikan Masalah Kimia Larutan, Jurnal Lantanida,5 (2), 2017, 184

Marzuki H, Astuti RT. Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Pada Materi Titrasi Asam Basa Siswa SMA.

Muhajirin, & Panorama, M. (2017). Pendekatan Praktis Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Idea Press.

Nasrudin, Pengembangan LKS Berbasis Representasi Level Sub Mikroskopik pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA Negeri 1 Taman Sidoarjo, Jurnal of Chemical Education, 3 (.3), 2014,Hal. 67 Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Puspaningrum, R., Hartatiana, H., & Pratiwi, R. Y. (2021). Pengembangan Chemistry-Magz pada Materi Termokimia. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 8(1), 43-58.

Sunyono,dkk, Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Multiple Representasi Dalam Membangun Mental Mahasiswa Topik Stoikiometri Reaksi, Jurnal Pendidikan Progresif, 3(1), ISSN : 2087-9849, 2013, Hal.65-66

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Nurjanah, R. S., Yuniar, & Pratiwi, R. Y. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN MULTIPEL REPRESENTASI KIMIA SISWA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 314–324. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/84