DESAIN DAN UJI COBA E-MODUL BERBASIS STREAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, RELIGION, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) PADA MATERI IKATAN KIMIA

Authors

  • Indri Anja Melati UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Kuncoro Hadi UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

E-Modul, STREAM, Ikatan Kimia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terbatasnya ketersedian bahan ajar elektronik yang terintegrasi dalam proses belajar mengajar sehingga cendrung monoton dan dianggap kurang menarik bagi siswa. Media pembelajaran harus berpusat kepada siswa dengan mengintegrasikan ilmu kedalam bidang lain dalam pemanfaatkan teknologi digital. Bahan ajar e-modul berbasis STREAM adalah salah satu media pembelajaran multidisiplin yang bertujuan untuk meningkatkan pola pikir pengetahuan siswa melalui penggabungan  pokok bidang studi ilmu sains (science), teknologi (technology), religi (religion), teknik (engineering), seni (art), dan matematika (mathematics) dalam kehidupan nyata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas media e-modul berbasis STREAM pada materi ikatan kimia. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develoment (R&D) dengan model pengembangan 4D. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Tambang terhadap kelas X MIPA 1. Hasil validasi oleh validator ahli media dan validator ahli materi dapat diperoleh hasil rata-rata persentase sebesar 92,7% dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas guru kimia diperoleh hasil persentas sebesar 92,8% dengan kategori sangat praktis dan uji respon siswa diperoleh hasil persentase sebesar 91%  dengan kategori sangat praktis. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media e-modul berbasis STREAM pada materi ikatan kimia sudah teruji sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran kimia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadi, K. (2019). Kimia & islam (Rismansyah (ed.); 1st ed.). Cahaya Firdaus.

Hadi, K. (2021a). Dasar-Dasar Kimia Islam (J. Kasdi (ed.); 1st ed.). Cahaya Firdaus.

Hadi, K. (2021b). Dasar-Dasar Kimia Islam Jilid 1 (J. Kasdi (ed.); 1st ed.). Cahaya Firdaus.

Indriani, N., & Lazulva, L. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 87–105. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161

Khoiriyah, N., Abdurrahman, & Wahyudi, I. (2018). Implementasi Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Gelombang Bunyi. JRKPF UAD, 5(2), 53–62.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media STORYBOARD Pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia, 1(1), 1–12.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta.

Susanti, L. Y., Hasanah, R., & Khirzin, M. H. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Science , Technology , Engineering , and Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA / SMK Pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Sains, 06(02), 32–40.

Syahirah, M., Anwar, L., & Holiwarni, B. (2020). Pengembangan Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) Pada Pokok Bahasan Elektrokimia. J. Pijar MIPA, 15(4), 317–324.

Wena, M. (2012). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara.

Yunita, V. E., & Utami, L. (2021). Desain Dan Uji Coba Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) dengan menggunakan media MOODLE pada Materi Asam Basa. Konfigurasi: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 32–39. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/konfigurasi/article/view/12419

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Melati, I. A., & Hadi, K. (2022). DESAIN DAN UJI COBA E-MODUL BERBASIS STREAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, RELIGION, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) PADA MATERI IKATAN KIMIA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 335–339. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/86