META-ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS CROCODILE CHEMISTRY TERHADAP PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Keywords:
Model pembelajaran, Crocodile chimestry, Laju reaksiAbstract
Artikel ini bertujuan untuk menguraikan teknologi modern yang bisa digunakan dalam media pembelajaran laboratorium virtual dengan mengunakan komputer, seperti aplikasi Crocodile Chemistry.Media Crocodile Chemistry merupakan salah satu perangkat lunak berbasis simulasi 3D yang digunakan sebagai media dalam pembelajaran dengan memberikan gambaran kepada peserta didik secara nyata. Media crocodile ini juga merupakan media pembelajaran yang berbasis komputer dengan laboratorium virtual. Dengan menggunakan media ini dapat memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi kimia dengan tampilan gambaran nyata seperti didalam ruangan laboratorium dan juga dapat mengubah pola pikir peserta didik terhadap kurang minat dan menambahakan motivasi pada pelajaran kimia. Berdasarkan penelitian-penelitian sebelumnya media pembelajaran visual berbasis crocodile chemistry ini dapat diterapkan karena terdapat peningkatan minat belajar peserta didik dalam mempelajari materi laju reaksi. Oleh karena itu, media pembelajaran ini dapat dipertimbangkan sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah.
Downloads
References
Aryanti, R., & Kusasi, M. (2016). Pembelajaran Kimia Berbasis Problem Solving Menggunakan Laboratorium Riil dan Virtual Ditinjau dari Gaya Belajar dan Hasil Belajar Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 7(2).
A, Yulia. Bakti, I. & Mahdian. 2021. Perbedaan Motivasi Dan Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Problem Based Learning Menggunakan Laboratorium Riil Dengan Laboratorium Virtual. Journal of Chemistry And Education (JCAE). Vol.5, No.2.
Farid, Miftah. & Leny. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Keterampilan Generik Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. Vol.7, No.1.
Fitriyanto, Fuad. Nurhayati, Sri. & Saptorini. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis. Jurnal Chemistry in Education. Vol : 1, No. 1.
Laksono, P. J. (2021). Literasi Digital Calon Guru Sains di Universitas Islam pada Masa Pandemi Covid-19. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 91-109.
Lerianti, E. 2014. Perbandingan Hasil Belajar dengan Menggunakan Laboratorium Nyata dan Laboratorium Virtual dalam Materi Asam Basa Kelas XI IPA SMA Nusantara Kota Jambi. Jambi: Universitas Jambi.
Puspaningrum, R., Hartatiana, H., & Pratiwi, R. Y. (2021). Pengembangan Chemistry-Magz pada Materi Termokimia. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 8(1), 43-58.
Ramayulis. 2013. Profesi dan Etika Keguruan. Jakarta: Kalam Mulia.
Risna. Hamid, A. & Winarti, Atiek. 2017. Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Creative Problem Solving Dilengkapi Laboratorium Virtual Materi Hidrolisis Garam Kelas Xi Ipa 2 Sma Pgri 4. Journal of Chemistry And Education (JCAE). Vol.1, No.1.
Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Selvianti, Ramdani, & Jusniar. 2013. Evektivitas Metode Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 8 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam). Jurnal Chemica, Vol.XIV, No.1.
Tuan, H. L., Chin, C. C., & Shieh, S. H. (2005). The Development of a Questionnaire to Measure Student’s Motivation Toward Science Learning. International Journal of Science Education, 27(6), 639-654
Wigati, I., & Fithriyah, M. (2022, March). Post Covid-19 Strategy Through Supporting Teacher Digital Literacy as the Sustainable Decision to Enhance Education System: Indonesia Case Study. In 2022 International Conference on Decision Aid Sciences and Applications (DASA) (pp. 851-857). IEEE.
Wulandari, Nais. & Vebrianto, Rian. 2017. Studi Literatur Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah Ditinjau Dari Kemampuan Menggunakan Laboratorium Virtual. Jurnal SNTIKI, vol 9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.