MODUL PEMBELAJARAN KIMIA TOPIK PENINGKATAN BERAT KAMBING DI ERA NEW NORMAL

Authors

  • K Anom W Universitas Sriwijaya
  • Rachel Claudia Loppies Universitas Sriwijaya
  • Rodi Edi Universitas Sriwijaya
  • Eka Adhiya Universitas Sriwijaya

Keywords:

Era New Normal, Kambing, Penyusunan Modul

Abstract

Modul pembelajaran kimia peningkatan berat kambing sangat penting diteliti untuk belajar secara mandiri di era New Normal. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun modul pembelajaran kimia berbasis Science, Technology, Engineering, dan Mathematics, mata kuliah Kewirausahaan Pendidikan Kimia Universitas Sriwijaya di era New Normal, topik jenis pakan untuk peningkatan bobot kambing secara valid. Metode penelitian ini deskriptif  kualitatif. Modul kimia ini berhubungan dengan konsep bercirikan kimia, proses pengolahan suatu bahan untuk produk yang memiliki manfaat, memiliki nilai ekonomi dan menumbuhkan jiwa untuk berwirausaha. Prosedur penelitian ini terdiri atas penyusunan draft modul pembelajaran kimia, konsultasi expert review draft itu kepada ahli penelitian pengembangan. Hasil dan simpulan penelitian ini bahwa modul pembelajaran kimia ini disusun dengan berbasis Science, Technology, Engineering, dan Mathematics di era New Normal, telah sesuai dan tepat menurut ahli penelitian pengembangan. Disarankan agar modul ini diuji cobakan kepada pemakai secara terbatas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, T., Lestari, CMS, & Purbowati, E., (2015) Pola Pertumbuhan Bobot Badan Kambing Kacang Betina Di Kabupaten Grobogan (Growth Pattern of Body Weight of Female Kacang Goats in Grobogan Regency)." Animal Agriculture Journal. 4(1): 93-97

Ahmad, K. & Lestari, I. (2010). Pengembangan Bahan Ajar Perkembangan Anak Usia SD sebagai Sarana Belajar Mandiri Mahasiswa. J. Perspektif Ilmu Pendidikan. 22(XIII): 183—193.

Authoradmin. Pengertian Modul, ciri-ciri dan Kerangka Isi Pembuatannya. https://mail.dvcodes.com/pengertian-modul-ciri-ciri-dan-kerangka-isi-pembuatannnya

Anom, K., Sukaryawan, M & Haryani, M.E., (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Terintegrasi Kewirausahaan, Pendekatan STEM dan PBL. J. Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia 5(1): 56-64.

Arifin, Z., (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan Education Research Methodology. STIT Al-Hikmah Bumi Agung Way Kanan 1(1): 1-3.

Azka, A., Haristah, H., Setyawati, R.D., & Albab, I.U., (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: J. Matematika dan Pendidikan Matematika 1(5): 224-236.

Becker, K., dan Park, K. (2011). Effects of integrative approaches among science, technology, engineering, and mathematics (STEM) subjects on students’ learning: A preliminary meta-analysis. J. of STEM Education. 2(10): 862-875.

Beers, S. .(2011). 21st century skills: Preparing students for their future. p.258-259.

Gunawan, MG., (2019). Investigating the function and pharmacology of human induced pluripotent stem cell-derived atrial cardiomyocytes (hiPSC-aCMs). Diss. Science: Department of Biomedical Physiology and Kinesiology, Simon Fraser University. ABC Copyright Conference 2018 p. 1--147

Irmita, L.U., (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Menggunakan Pendekatan Science, Technology, Engineering And Mathematic (STEM) Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia. 2(2): 26-36.

Kusrianty, N., & Nuraidil. (2020). "Pengaruh Pemberian Pakan Tambahan Hijauan Lamtoro terhadap Pertambahan Bobot Badan Kambing Kacang yang Digembalakan.Tolis Ilmiah: J. Penelitian 2(2): 114—121.

Mulyasa, E., (2010), Menjadi guru profesional: Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan .Bandung : PercetakanRosda, cetakan ke 9, ISBN: 979-692-375-0

Natalia, W., & Jalinus, N., (2021). Efektivitas Pengembangan Modul Berbasis Proyek pada Mata Kuliah Kewirausahaan Akademi Komunitas Negeri Pesisir Selatan. J. Edutech Undiksha 9(2): 267–274.

Ningsih, S., & Rohmawati. (2014). Perbedaan Penggunaan Modul dan Tanpa Modul terhadap Hasi Belajar Siswa pada Materi Kelas Kecil XI AK SMK Negeri 10 Surabaya. J. Universitas Negeri Surabaya. Halaman 1—10.

Parmin dan E. Peniati, (2012). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar IPA Berbasis Hasil Penelitian Pembelajaran. J. Pendidikan IPA Indonesia (JPPI) 1(1): 8--15.

Rabiatul, A., (2017) "Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pendidikan anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan." J. Pendidikan Kewarganegaraan 7(1) : 33-48.

Ramadhani, Tiara, N., & Nurnida, I., (2017). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. J. Ecodemica Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis 1(1): 89-97.

Riadi, M. (2013). Komponen dan Langkah-langkah Penyusunan Modul Pembelajaran. https://www.kajianpustaka.com/2013/03/komponen-langkah-penyusunan-modul-pembelajaran.html. diakses pada tanggal 12-5-2022.

Rotala, S., (2022). "Pandangan Tokoh Muslim di Indonesia terhadap Pandemi Covid-19."

Sa'adah, Kurnia, S., Sudarmin, & Diliarosta, S., (2021), "Pengembangan Pembelajaran dengan Pendekatan STEM Terintegrasi Science Entrepreneurship untuk Mengembangkan Karakter Kewirausahaan." Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 15(1): 2778-2791.

Sit, M., Assingkily, Shaleh. M., (2021). Persepsi Guru Tentang Social Distancing Pada Pendidikan Aud Era New Normal. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ; 5(2):1009--1023

Soeprapto, S. (2013). Landasan Aksiologis Sistem Pendidikan Nasional Indonesia dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. J. Cakrawala Pendidikan. XXXII(2): 166--176 DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.1485

Subramaniam, Mega M., (2012) "Reimagining the role of school libraries in STEM education: Creating hybrid spaces for exploration." The Library Quarterly 82(2): 161-182.

Sujono, & Kusuma, H., (2019). Usaha PPUPIK Pembibitan Kambing Perah Unggul dan Olahan Produk Susu Kambing. J. Solma. 8(2): 330-338.

Suparman. (2014). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Elektronika Analog dengan Pembelajaran PBL. J. Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 22(1): 83-- 88

Pamungkas, F.A., Batubara, A., Doloksaribu, M., & Sihite, E. (2009). Potensi Beberapa Plasma Nutfah Kambing Lokal Indonesia. Penerbit Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Departemen Pertanian Sumatera Utara. Halaman vi—34 g Sei Putih : vi + 34 halaman. ISBN : 978-602-8475-04-4

Qalsum, U., Unang,. W., Diah, M., & Supriadi. (2015). Analisis Kadar Karbohidrat, Lemak, dan Protein dari Tepung Biji Mangga (Mangifera Indika L) Jenis Gadung. J. Akademika Kim. 4(4): 168—174.

Victori, A., Purbowati, E., & Lestari, C.S., (2016). Hubungan antara ukuran-ukuran tubuh dengan bobot badan kambing Peranakan Etawah jantan di Kabupaten Klaten. J. Ilmu-Ilmu Peternakan (Indonesian Journal of Animal Science). 26(1): 23-28.

Widiansyah, A., (2018)"Peranan sumber daya pendidikan sebagai faktor penentu dalam manajemen sistem pendidikan. Cakrawala-Jurnal Humaniora. 18(2): 229-234.

Yanuar. (2016). Ekonomi Makro; Suatu Analisis Konteks Indonesia; Edisi 3, Jakarta: Pustaka Mandiri, halaman 1-- 14

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

W, K. A., Loppies, R. C. ., Edi, R. ., & Adhiya, E. . (2022). MODUL PEMBELAJARAN KIMIA TOPIK PENINGKATAN BERAT KAMBING DI ERA NEW NORMAL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 356–365. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/89