PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM BERBASIS GREEN CHEMISTRY MATERI PENGARUH KATALIS TERHADAP LAJU REAKSI
Keywords:
ADDIE, Green Chemistry, Katalis, Petunjuk PraktikumAbstract
Kegiatan praktikum di beberapa sekolah tidak terlaksana, karena kurang tersedianya fasilitas laboratorium yang memadai. Kegiatan praktikum juga dapat menghasilkan limbah yang berbahaya bagi lingkungan. Kegiatan praktikum merupakan komponen penting dalam melatihkan keterampilan, sikap, sehingga perlu mengembangkan kegiatan dan petunjuk praktikum yang murah dan ramah lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan petunjuk praktikum berbasis green chemistry materi pengaruh katalis terhadap laju reaksi yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dimodifikasi dengan evaluasi formatif tessmer. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sriwijaya. Teknik analisa data menggunakan Aiken’s V untuk validasi ahli, Cohen’s Kappa untuk angket, dan persentase untuk kinerja praktikum. Hasil penelitian menunjukkan petunjuk praktikum yang dihasilkan adalah sebagai berikut. 1) Valid dimana hasil uji validitas expert review adalah 0,83 dengan kategori tinggi. 2) Praktis dimana hasil uji kepraktisan tahap one to one adalah 0,98 dengan kategori sangat tinggi, dan tahap small group adalah 0,97 dengan kategori sangat tinggi. 3) Efektif dimana hasil tahap field test menunjukkan nilai kinerja mahasiswa adalah 91,59 dengan kategori sangat baik dan nilai keterampilan mahasiswa 70,11% kategori sangat terampil, dan 25,66% kategori terampil. Petunjuk praktikum yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif serta dapat diaplikasikan pada proses pembelajaran kimia dan dikembangkan penelitian lanjutan pada materi lainnya.
Downloads
References
Andrianie, Dwi dkk,. 2018. Representasi Kimia Mereduksi Miskonsepsi Peserta Didik Dalam Sub Bab Reaksi Redoks Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Bantuan LKS. Chemistry In Education. 7 (2), hal. 69-76
Meristin, A., Sunyono, S., & Marfu’ah, S. (2022). Pemanfaatan Bahan Sederhana pada Praktikum Mandiri: Kajian Motivasi dan Persepsi Mahasiswa. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(1), 16-25. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v6i1.12041
Laksono, P. J. (2021). Literasi Digital Calon Guru Sains di Universitas Islam pada Masa Pandemi Covid-19. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 91-109.
Sulalah, Anis Wardha., Suryadharama, Ida Bagus., Sukariaingsih, dedek. 2017. Kesulitan Belajar Siswa pada pemahaman konsep Reaksi Redoksi dan Oksidasi. Jurnal Pembelajaran Kimia. 2(1), hal. 14-20Pradjosantoso, A., Richardus, Jundu. 2018. Efektivitas Pembelajaran 5 M & Problem Based Learning Tentang Pemahaman Konsep Kimia. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan & Kebudayaan mission Volume 10.
Supriadi, Rahman, N., & Chairunnisa. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kimia Materi Penyetaraan Reaksi Reduksi dan Oksidasi dengan Menggunakan Lesson Study di SMA N 2 Palu kelas 12 IPA. J. Akad. Kim Vol.06, No. 1, Hal. 2477-5185.
Nadiyya, Khusn I Akhsanu, Elfi Susanti VH, dan Bakti Mulyani. 2020. Analisis Miskon sepsi Peserta Didik Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi dengan Memakai Three-Tier Test di SMA Negeri 2 Karanganyar Kelas 10 MIPA.
Nopiyanita Tri, Ashadi, Haryono. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Teams games tournament guna menumbuhkan Prestasi Belajar dan Kreatifitas Kimia Peserta didik pada Reaksi Reduksi Oksidasi Semester dua kelas 10. Jurnal Pendidikan Kimia. 2(4)
Ni Ngh. Apriadi Sanggih dkk. Identifikasi Miskonsepsi Peserta didik SMA Kelas 10 Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. Vol.02, No. 2 , Hal. 70-77
Pratiwi, R. Y. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN ARIAS. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 183-199.
Pratiwi yussi, dkk. 2014. Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada sub bab Reaksi Reduksi Oksidasi Di SMA N 5 Surakarta Kelas 10. Jurnal Pendidikan Kimia.Vil.3, No. 3.
Rizki Maulidina, dkk. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kimia Berbasis Masalah untuk Mengurangi Miskonsepsi Pada Konsep Kimia Sub Bab Reaksi Reduksi Okidasi. Jurnal Zarah. 8(1). Hal. 14-20.
Susanti Laily Yunita, dkk. 2018. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis STEM (Sains, Technoogy, Engineering, dan Mathematics) Guna Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik SMK/SMA pada Pokok Bahasan Reaksi Reduksi Oksidasi. Jurnal Pendidikan Sains. 6(2). Hal. 32-40.
Tiak Loriana, dkk. 2019. Penerapan Metode Praktikum dengan Bahan Alami pada mata Pelajaran Kimia Pokok Bahasan Reaksi Reduksi Oksidasi Guna Meningkatkan Hasil Beajar Peserta Didik. Oxygenius Journal Of Chem. Edu. 1(1). Hal. 1-4.
Wulandari, Puput Istika, Vakti Muyani, Budi Utami. 2019.
Wigati, I., & Fithriyah, M. (2022, March). Post Covid-19 Strategy Through Supporting Teacher Digital Literacy as the Sustainable Decision to Enhance Education System: Indonesia Case Study. In 2022 International Conference on Decision Aid Sciences and Applications (DASA) (pp. 851-857). IEEE.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.