PEMANFAATAN APLIKASI CROCODILE CHEMISTRY PADA MATERI LAJU REAKSI DITINJAU DARI KETERAMPILAN PROSES SAINS
Main Article Content
Abstract
Mata pembelajaran kimia dianggap sulit bagi peserta didik karena memiliki banyak konsep yang bersifat abstrak salah satu nya pada materi laju reaksi, sehingga diperlukannya suatu kegiatan praktikum atau percobaan ilmiah karena melalui kegiatan praktikum ini menjadi suatu cara bagi peserta didik untuk memperoleh pemahaman dan meningkatkan proses sains terhadap ilmu kimia. Laboratorium virtual berupa aplikasi crocodile berperan penting untuk menunjang dan mengantisipasi keterbatasan laboratorium nyata. Tujuan dari artikel ini untuk mengetahui pengunaan aplikasi crocodile chemistry pada materi laju reaksi pada keterampilan proses sains. Metode Systematic Review ialah dengan mencari beberapa jurnal penelitian terdahulu yang didapatkan melalui Google Scholar, dan Cendikiawan. Berdasarkan hasil penelitian dari beberapa jurnal menyatakan bahwa aplikasi crocodile chemistry pada materi laju reaksi dapat meningkatkan keterampilan proses sains.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anggraeni, Y., Bakti, I., & Artikel, I. (2021). PERBEDAAN MOTIVASI DAN PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN LABORATORIUM RIIL DENGAN LABORATORIUM VIRTUAL Difference of Motivation and Difference Learning Outcome between Problem Based Learning Model Using Real Laboratory with Virtual. 5(2), 86–94.
Fatah, A. H., Anggraeni, M. E., Studi, P., Kimia, P., & Raya, P. (2020). Analisis Materi Ajar Konsep Laju Reaksi Pada Buku Teks Kimia SMA / MA. 11(1), 78–91.
Gorghiu, L. M., Gorghiu, G., Dumitrescu, C., & Olteanu, R. L. (n.d.). CROCODILE CHEMISTRY - AN EASY WAY OF TEACHING CHEMISTRY USING VIRTUAL INSTRUMENTATION. 146–157.
Hadi, S. (2021). Pelatihan Penggunaan Chemlab Sebagai Alternatif Praktikum Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMAN 3 Lembar Lombok Barat. 2012, 0–5.
Kalor, P. K. (2019). Cakrawala Pendidikan ,. 38(2), 259–268. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.23345
Laksono, P. J. (2021). Literasi Digital Calon Guru Sains di Universitas Islam pada Masa Pandemi Covid-19. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 91-109.
Lederman, N., Oliver, S., Wright, E., & Roth, W. (n.d.). zyxw zyx zy The Development of Science Process Skills in Authentic Contexts zyxw zyx zyxw zyxwvutsrq.
Lestari, W., Wigati, I., Sholeh, M. I., & Pramita, D. (2022). Instrumen Literasi Digital Guru Menggunakan Model Rasch. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 104-113.
Marfu’ah, S., & Meristin, A. (2022). Lembar Kerja Laboratorium Berbasis Proyek Pembuatan Koloid dengan Pemanfaatan Daun Cincau Perdu (Premna Oblongifolia). Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 6(2), 160-170. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/ojpk.v6i2.15015
Media, P., Physics, C., Pembelajaran, D., & Meningkatkan, U. (2019). Navigation Physics J ournal of Ph ysics Education Pemahaman Konsep Fisika. 1(1), 1–5.
Model, P., Problem, P., Berbantuan, S., Interaktif, M., Keterampilan, T., Sains, G., Hasil, D. A. N., Siswa, B., & Materi, P. (2016). No Title. 7(1), 10–18.
Sains, D. P. (n.d.). INTEGRASI LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN SAINS Risya Pramana Situmorang. 49–56.
Toharudin, U, et al. 2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.
Wardani, S. (2002). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. 317–322.
Xi, K., Di, M., Negeri, S. M. A., Bengkulu, K., Desti, N., Simanjuntak, P., & Rohiat, S. (2017). 3 1,2,3. 1(2), 102–105.