AUGMENTED REALITY DALAM MENUNJANG REPRESENTASI KIMIA BAGI CALON GURU

Authors

  • Pandu Jati Laksono UIN Raden Fatah Palembang
  • Nuril Aisyah UIN Raden Fatah Palembang

Keywords:

Augmented Reality, Calon guru, Kimia, Representasi

Abstract

Pendidikan mengikuti kemajuan teknologi, industri, dan pembelajaran. Calon guru kimia harus melakukan inovasi dengan cara melek teknologi dengan penggunaan dunia virtual untuk melibatkan siswa serta memotivasi untuk belajar dengan menyediakan lingkungan yang lebih realistis dan imersif. Fakta bahwa pengetahuan kimia dapat direpresentasikan dalam tiga cara utama yaitu makro, submikro, dan simbolik. Augmented reality (AR) adalah teknik yang mendorong penggabungan dunia nyata dan virtual dengan informasi kontekstual berbantuan teknologi yang dikenakan pada tujuan dunia nyata. Teknologi dan sains pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan yang menuju era digitalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau literatur mengenai penggunaan augmented reality bagi calon guru kimia. Tujuh artikel ditinjau dalam penelitian studi literatur ini untuk merangkum apa yang telah dilakukan peneliti untuk memperoleh informasi mengenai era digitalisasi yang menggunakan augmented reality yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran. Hasil Studi Pustaka yang dilakukan memberikan gambaran augmented reality menjadi media yang mampu merepresentasikan kimia bagi calon guru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, A., & Laksono, P. J. (2021). The Importance of Scientific Chemistry Literacy in 21st Century Learning. Proceedings of International Education Conference, 62–66.

Azuma, R. (2004). Overview of augmented reality. In In ACM SIGGRAPH (p. 26).

Cai, S., Wang, X., & Chiang, F. K. (2014). A case study of augmented reality simulation system application in a chemistry course. Computers in Human Behavior, 37, 31–40. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.04.018

Cai, Su, Wang, X., & Chiang, F. K. (2014). A case study of Augmented Reality simulation system application in a chemistry course. Computers in Human Behavior, 37, 31–40. https://doi.org/10.1016/j.chb.2014.04.018

Dawley, L., & Dede, C. (2014). Situated learning in virtual worlds and immersive simulations. In In Handbook of research on educational communications and technology (pp. 723–734). Springer.

de Jong, T., Linn, M. C., & Zacharia, Z. C. (2013). Physical and virtual laboratories in science and engineering education. Science, 340(6130), 305–308. https://doi.org/https://doi.org/ 10.1126/science.1230579. Karpman,

Fan, Y. Z. (2008). Study on Augmented Reality Application. Zhe jiang University.

Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. EduChemia (Jurnal Kimia Dan Pendidikan), 2(2), 186. https://doi.org/10.30870/educhemia.v2i2.1608

Irwansyah, F. S., Yusuf, Y. M., Farida, I., & Ramdhani, M. A. (2018). Augmented Reality (AR) Technology on the Android Operating System in Chemistry Learning. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 288(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1757-899X/288/1/012068

Johnstone, A. H. (2009). Multiple Representations in Chemical Education. International Journal of Science Education, 31(16), 2271–2273. https://doi.org/10.1080/09500690903211393

Klopfer, E., & Squire, K. (2008). Environmental detectives—The development of an augmented reality plat- form for environmental simulations. Educational Technology Research and Development, 56(2), 203–228.

Laksono, Pandu J. (2020). PENGEMBANGAN THREE TIER MULTIPLE CHOICE TEST PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA MATA KULIAH KIMIA DASAR LANJUT. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 44–63. https://doi.org/10.19109/ojpk.v4i1.5649

Laksono, Pandu Jati. (2021). Literasi Digital Calon Guru Sains di Universitas Islam pada Masa Pandemi Covid-19. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 5(2), 91–109. https://doi.org/10.19109/ojpk.v5i2.10301

Macariu, C., Iftene, A., & Gîfu, D. (2020). Learn chemistry with augmented reality. Procedia Computer Science, 176, 2133–2142. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.09.250

O’Brien, H. L., & Toms, E. G. (2005). Engagement as process in human‐computer interactions. Proceedings of the American Society for Information Science and Technology, 42(1).

Ramdani, I. (2016). Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented reality (AR) Pada Materi Struktur Logam Untuk Mengembangkan Kemampuan Submikroskopik Mahasiswa.

Shidiq, A. S., Permanasari, A., & Hernani. (2020). Review on education for sustainable development: System thinking for sustainable chemistry education curriculum. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042080

Singhal, S. (2012). Augmented Chemistry : Interactive Education System Augmented Chemistry : Interactive Education System. July, 0–5. https://doi.org/10.5120/7700-1041

Taber, K. S. (2010). Straw men and false dichotomies: over- coming philosophical confusion in chemical education. J. Chem. Educ, 87(5), 552–558.

Taber, Keith S. (2009). Progressing Science Education: Constructing the Scientific Research Programme into the Contingent Nature of Learning Science. Springer.

Taber, Keith S. (2013). Revisiting the chemistry triplet: Drawing upon the nature of chemical knowledge and the psychology of learning to inform chemistry education. Chemistry Education Research and Practice, 14(2), 156–168. https://doi.org/10.1039/c3rp00012e

Talanquer, V. (2011). Macro, submicro, and symbolic: the many faces of the chemistry ‘“triplet.”’ Int. J. Sci. Educ, 33(2), 179–195.

Wu, H.-K., & Puntambekar, S. (2012). Pedagogical affordances of multiple external representations in sci- entific processes. Journal of Science Education and Technology, 21(6), 754–767.

Downloads

Published

2022-08-13

How to Cite

Laksono, P. J., & Aisyah, N. . (2022). AUGMENTED REALITY DALAM MENUNJANG REPRESENTASI KIMIA BAGI CALON GURU . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 118–127. Retrieved from https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/snpk/article/view/61

Most read articles by the same author(s)